Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

Manfaat Tepung Terigu bagi Tubuh Kita

Pada beberapa jenis jajanan pasar dalam bahan pembuatannya didominasi tepung terigu. Terutama pada kue-kue basah seperti kue lapis, bolu, dan risoles. Ada juga yang ditambahkan  dengan tepung tapioka sebagai pengenyal. Pada makanan yang manis tentu saja ditambahkan gula halus pada adonannya.

Tepung adalah partikel padat yang berbentuk butiran halus bahkan bisa sangat halus tergantung pemakaiannya. Dan tepung terigu merupakan bubuk halus yang berasal dari bulir gandum, dan biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuat makanan-makanan pasar. Tepung ini mengandung zat pati, yaitu karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air. Tepung terigu juga mengandung protein dalam bentuk gluten yang berperan dalam menentukan kekenyalan makanan yang  terbuat dari tepung tersebut. Makannya tidak heran pada kue-kue basah umumnya kue tersebut terasa kenyal, tentu pengaruh dari tepung terigu itu bahkan bisa lebih kenyal jika produsen menambahkan tepung tapioka.

Pada goreng-gorenganpun tentu saja tepung sangat diperlukan. Pembuatan bala-bala, tahu isi, pisang goreng dan banyak lagi yang lainnya. Tidak diragukan lagi jika makanan tersebut mengandung banyak protein yang terdapat pada tepung terigu. Ditambah lagi sayuran yang bervitamin yang ada dalam gorengan dan buah pada goreng pisang. Tak heran jika orang-orang mencari sarapan ke pasar untuk membeli bermacam jajanan yang tersedia di tempat itu. Karena jajanan tersebut dapat membuat perut kenyang meskipun tidak dimakan dengan nasi, karena terbuat dari terigu yang mengandung banyak protein.

Bahan ini tentu sangat bermanfaat sekali pada kehidupan. Tak heran jika penjualannya pun selalu tinggi karena banyak digunakan  para produsen makanan terutama produsen jajanan pasar. Bahkan saat ini banyak sekali produk-produk tepung ini yang dikemas dan bermerk dipasaran.

Go Back

Comments for this post have been disabled.