Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

Ini Dia Makanan Unik dan Ekstrim di Dunia

makanan unik

Makanan merupakan salah satu hal yang tidak dapat ditolak oleh setiap orang tidak hanya karena kebutuhan untuk makan, namun juga karena menyukai makanan tertentu. Makanan yang biasanya Anda temukan biasanya makanan manis, asin, asam atau pedas dan memiliki tampilan yang menggoda. Akan tetapi, terdapat makanan unik dan ekstrim baik bentuk ataupun bahan yang digunakan terbuat dari sesuatu yang tidak lazim digunakan untuk membuat makanan yang ada di dunia.

Pertama adalah Century eggs dan seperti namanya, makanan ini terbuat dari telur yang diawetkan dan disimpan dalam jangka waktu tertentu dan bahkan dapat mencapai berbulan-bulan sebelum akhirnya telur tersebut disajikan. Makanan ini berasal dari Tiongkok, China. Makanan yang disebut juga sebagai Millennium Eggs ini, terbuat dari telur puyuh, bebek ataupun ayam. Cara membuatnya yaitu dengan mengawetkannya di dalam campuran abu dan tanah liat yang kemudian dicampur dengan garam dan disimpan selama beberapa bulan. Hasilnya, telur ini akan berubah warna menjadi coklat dan memiliki tekstur yang seperti jelly. Bagian kuning telurnya akan berwarna hijau atau keabu-abuan.

Kedua adalah scorpion soup. Sup ini menggunakan kalajengking sebagai salah satu bahan utama yang ditemukan. Makanan yang berasal dari China ini menurut beberapa orang yang pernah mencobanya, memiliki rasa yang seperti kayu namun cukup enak untuk dinikmati. Makanan unik dan ekstrim lainnya yang berasal dari China diantaranya yaitu:

- Tikus rebus yang berasal dari tikus lapangan dan makanan ini disajikan di beberapa tempat yang ada di Guangzhou, China.
- Kebab kalajengking yang tidak hanya di China namun juga di beberapa tempat di Asia Tenggara seperti di Thailand.

Ketiga adalah Haggis yang berasal dari Skotlandia. Makanan ini termasuk makanan tradisional yang menggunakan perut hewan ternak seperti domba. Perut hewan tersebut dikosongkan dan kemudian dicuci. Bahan yang dipergunakan yaitu paru-paru, jantung, hati domba yang kemudian dicampur menggunakan bumbu-bumbu seperti kaldu, garam dan tepung. Setelah dimasukkan ke perut domba, masak hingga beberapa jam. Walaupun berbentuk bulat dan agak aneh, namun makanan ini memiliki rasa gurih.

Makanan unik dan ekstrim yang lain yang ada di dunia, diantaranya yaitu:

- Balut yang dapat ditemui di Filipina, Vietnam dan Kamboja yang dapat ditemui di penjual yang ada di pinggir jalan. Makanan ini terbuat dari telur ayam atau bebek yang telah terdapat embrio dan biasa dimakan saat embrio berumur 17 hari ketika tulang belum tubuh sempurna. Bahkan beberapa memakannya saat usia 21 tahun ketika bulu, paruh dan tulang terbentuk dan dihidangkan dengan cara dikukus.
- Rocky mountain oyster yang berasal dari testis hewan misalnya dari banteng atau kerbau. Testis dikuliti dahulu lalu dikukus dan dicampurkan adonan tepung kemudian digoreng. Penyajiannya dilakukan dengan tambahan saus cocktail.

Go Back

Comments for this post have been disabled.