Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

Prinsip penggunaan Kartu Kredit Pada Saat Belanja

Saat ini, membawa uang tunai terdengar tidak populer di sebagian kalangan. Mereka lebih memilih untuk membawa uang plastik berupa kartu kredit maupun kartu debet. Bahkan saat ini hampir semua situs belanja online yang menggunakan fasilitas kartu utang sebagai alat pembayaran. Tentunya hal ini juga merupakan layanan kemudahan bagi para pelanggan, dan diharapkan kemudahan-kemudahan ini dapat mendongkrak penjualan.

Pada dasarnya memang kartu kredit ini akan memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Akan tetapi anda harus tetap berpikir, bahwa keleluasaan ini memiliki konsekuensi. Yaitu cicilan yang harus dibayarkan. Jika anda tetap ingin nyaman menggunakan fasilitas utang dari kartu, maka ketika berikut ini beberapa pertimbangan yang harus anda pakai dalam berbelanja :

Sebelum menggunakan kartu, ingat dulu bunga yang akan dikenakan pada kartu. Hal ini membutuhkan pengetahuan. Jadi anda harus terus belajar mengenai penghitungan bunga yang dibebankan. Ingat juga batas waktu pembayaran atau kapan tagihan biasanya datang. Jika anda harus membayar keperluan lain yang lebih penting selama masa tagihan datang, lebih baik urungkan niat untuk membeli barang dengan kartu utang. Karena meskipun terlihat sekarang tidak memiliki tanggungan, namun bulan berikutnya anda akan menanggung lebih banyak utang.


Selalu hitung ulang belanjaan anda ditambah dengan bunga. Dengan menghitung, anda akan mengetahui prosentasi nilai tanggungan dengan pendapatan anda tiap bulan. Menurut para pakar, idealnya jumlah utang anda tidak lebih dari 30% pendapatan anda. Namun ada juga yang mengatakan perbandingan antara asset dan utang yang ideal 2 : 1. Sehingga jika anda sudah memiliki tanggungan lain, total penggunaan kartu kredit dan cicilan lainnya tadi harus tidak lebih dari prosentase ideal diatas.

Gambaran-gambaran diatas hanya merupakan salah satu cara. Masing-masing orang tentu memiliki pertimbangan sendiri dalam menggunakan kartu kredit mereka. Yang pasti, seharusnya kartu ini hanya menjadi penolong bagi anda agar mudah bertransaksi. Bukan menjadi suatu jaminan kemudahan untuk berutang. Jika anda menjadikan kartu sebagai jaminan kemudahan berutang, maka suatu saat kartu utang ini akan memperburuk keuangan anda.

Go Back

Comments for this post have been disabled.