Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

Beberapa Pertimbangan dalam Pembelian Kredit Mobil

Jika melihat bus apa yang Anda pikirkan? Pasti Anda berpikir alat transportasi umum yang sesak, panas dan banyak bau tak sedap yang bercampur. Seiring dengan perkembangan jaman, bus sebagai sarana transportasi umum yang merakyat telah memiliki fasilitas yang lebih baik seperti AC dan tempat duduk yang nyaman. Meskipun banyak bus baru yang nyaman, namun banyak dari masyarakat yang ingin membeli kendaraan pribadi. Salah satu jenis kendaraan pribadi yang banyak diinginkan masyarakat adalah mobil. Untuk membeli mobil yang beredar di pasaran, Anda dapat memilih mobil baru atau mobil second atau bekas. Untuk membelinya pun Anda bisa membayar secara cash atau melalui dealer dengan cara kredit mobil. Namun ada baiknya kamu simak dulu cara memilih kredit mobil yang murah.

Hampir sama dengan jenis kredit yang lain. Kredit mobil juga mengaharuskan Anda untuk membayar angsuran yang dikenakan berdasarakan beberapa pertimbangan. Yaitu:

a. Uang muka
Besarnya uang muka yang Anda bayarkan ketika pembelian awal mobil berpengaruh terhadap besarnya angsuran yang harus Anda bayar perbulan. Untuk uang muka yang umum dibayarkan adalah sebesar 20% hingga 30% dari harga mobil. Jadi sebelum membeli mobil secara kredit sebaiknya Anda mengetahui harga mobil impian kemudian siapkan uang sebesar 30% dari harga mobil.

b. Asuransi mobil
Asuransi mobil merupakan salah satu syarat yang dibebankan kepada pembeli ketika pembelian mobil. Anda dapat memilih asuransi dengan jenis perlindungan all risk, gabungan atau TLO.

c. Suku bunga
Suku bunga yang dikenakan pada pembelian kredit mobil dihitung berdasarkan jumlah pinjaman pokok dikalikan dengan bunga pertahunnya dan kemudian dibagi 12. Biasanya jumlah suku bunga yang dibebankan sebesar 5 % sampai 14%.

d. Pelunasan angsuran secara awal
Pelunasan kredit sebelum jangka waktu yang ditentukan akan membuat pembeli dikenakan biaya penalti. Besar biaya penalti yang dibebankan berbeda-beda setiap Bank tergantung dengan peraturan Bank tersebut.

e. Keterlambatan pembayaran angsuran
Bagi Anda yang membayar angsuran kredit mobil melebihi waktu yang ditetapkan atau lewat jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan denda pembayaran.

Go Back

Comments for this post have been disabled.