Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

Mengulas Beberapa Faktor Penyebab Penyakit Ambeien

sakit ambeien

Ambeien atau Hemoroid, juga dikenal sebagai tumpukan yang mana hal ini terdapat pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar yang ditemukan di dalam atau di sekitar bagian bawah rektum dan anus. Dalam banyak kasus, ambeien tidak menyebabkan gejala dan beberapa orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka memilikinya. Tetapi ketika gejala memang terjadi seperti mengalami pendarahan setelah buang air besar dengan darah biasanya berwarna merah terang, dasar gatal, terdapat benjolan tergantung di luar anus, yang mungkin perlu didorong kembali setelah melewati bangku, terdapat lendir setelah melewati bangku, merasakan sakit, kemerahan dan bengkak di sekitar anus.

Temui dokter Anda jika Anda memiliki gejala ambeien yang menetap atau berat. Anda harus selalu memeriksakan pendarahan sehingga dokter Anda dapat menyingkirkan penyebab yang lebih serius. Gejala ambeien atau wasir sering hilang dengan sendirinya, atau dengan menggunakan perawatan sederhana yang dapat dibeli dari apotek tanpa resep. Bicaralah dengan dokter Anda jika gejala Anda tidak membaik atau Anda mengalami rasa sakit atau pendarahan. Dokter umum Anda dapat sering mendiagnosis ambeien menggunakan pemeriksaan internal yang sederhana dari saluran belakang Anda, meskipun mereka mungkin perlu merujuk Anda ke spesialis kolorektal untuk diagnosis dan pengobatan.

Penyebab pasti ambeien tidak jelas, tetapi berhubungan dengan peningkatan tekanan di pembuluh darah di dan di sekitar anus Anda. Tekanan ini dapat menyebabkan pembuluh darah di bagian belakang Anda menjadi bengkak dan meradang. Sedangkan penyebab penyakit ini paling terlihat yaitu karena terlalu bersusah payah di toilet atau kesulitan buang air besar dan memaksanya sehingga hal ini dapat berakibat dari konstipasi yang berkepanjangan. Ini sering disebabkan oleh kekurangan serat dalam makanan.

Faktor-faktor lain yang mungkin meningkatkan resiko Anda terkena hemorrhoids yaitu meliputi:

  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Usia, karena seiring bertambahnya usia, jaringan pendukung tubuh Anda menjadi lebih lemah, sehingga dapat meningkatkan resiko wasir atau ambeien.
  • Kehamilan juga ini dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah pelvis Anda, menyebabkan mereka membesar.
  • Memiliki riwayat keluarga hemorrhoids.
  • Terlalu sering mengangkat benda berat.
  • Batuk secara terus-menerus atau muntah berulang.
  • Duduk dalam jangka waktu yang lama.

Gejala hemoroid sering menetap setelah beberapa hari tanpa perlu perawatan. Hemoroid yang terjadi selama kehamilan seringkali membaik setelah melahirkan. Membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi ketegangan pada pembuluh darah di dan sekitar anus Anda sering direkomendasikan. Secara bertahap meningkatkan jumlah serat dalam diet Anda yang menjadi sumber serat yang baik termasuk buah, sayuran, beras gandum, pasta dan roti gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian. Minum banyak cairan, terutama air dapat sedikit mengurangi rasa sakit, akan tetapi hindari atau kurangi kafein dan alkohol.

Mengabaikan dorongan untuk mengosongkan perut Anda ke toilet dapat membuat tinja Anda lebih keras dan lebih kering, yang dapat menyebabkan tegang ketika Anda pergi ke toilet. Menghindari obat yang menyebabkan sembelit, misalnya seperti penghilang rasa sakit yang mengandung kodein. Anda juga dapat menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berolahraga secara teratur, hal ini akan dapat mencegah sembelit, mengurangi tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan. Jika Anda sudah mengikuti beberapa langkah yang ada di atas, akan tetapi tidak sembuh juga, maka ada baiknya jika Anda mengkonsultasikannya kepada dokter Anda. Anda pun juga bisa melalui penyembuhan dengan cara pembedahan.

Anda bisa baca penjelasan mengenai ambeien ini di artikel penyakit ambeien versi klikdokter

Go Back

Comments for this post have been disabled.