Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

Aneka Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Sebagai seorang Ibu muda, tentu Kita harus mempelajari banyak hal seputar rumah tangga, termasuk dalam mengurus si kecil yang baru lahir dan akan memasuki tahap pertumbuhan. Salah satu hal yang mesti diperhatikan adalah mengenai berbagai macam perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan. Persiapan dalam menyediakan aneka perlengkapan untuk bayi sebaiknya dilakukan dari jauh-jauh hari sebelum proses persalinan berlangsung atau memasuki trimester ketiga sehingga Anda dan pasangan tidak dilanda rasa bingung. Pasalnya, ada banyak hal yang harus disiapkan dalam menyambut kelahiran si kecil. Beberapa perlengkapan yang dimaksud antara lain:

1. Pakaian.
Pakaian bayi adalah kebutuhan yang sangat penting dan harus dipersiapkan oleh para orang tua yang akan menyambut kelahiran si kecil. Pakaian bayi harus terbuat dari bahan yang nyaman dan menyerap keringat, sebaiknya hindarilah bahan nylon dan polyester yang beresiko memicu iritasi pada kulit bayi karena tidak menyerap keringat. Belilah pakaian bayi secukupnya dengan ukuran yang tepat karena pertumbuhan bayi yang sehat sangatlah cepat sehingga pakaian tidak akan digunakan untuk jangka waktu yang lama. Beberapa jenis pakaian bayi yang harus disiapkan antara lain:

- Baju dan celana lengan pendek.
- Baju dan celana lengan panjang.
- Kaos tangan dan kaki.
- Jaket dan penutup kepala.

2. Perlak dan gendongan bayi.
Perlak berfungsi sebagai alas tidur untuk bayi. Perlak juga dapat menahan rembes atau mencegah tembus air kecil bayi secara langsung ke tempat tidur. Karena bayi akan tumbuh dan bergerak secara aktif, maka pilihlah perlak yang ukurannya agak lebar dan motifnya menarik agar si kecil merasa senang. Selain itu, gendongan bayi juga termasuk perlengkapan bayi baru lahir yang mesti dipersiapkan. Gendongan bayi dipakai untuk membantu dan mempermudah Anda pada saat menggendong bayi dengan posisi yang aman dan nyaman.

3. Popok dan perlengkapan mandi.
Bayi yang baru lahir memiliki intensitas buang air besar dan kecil yang sangat sering sehingga belilah popok kain dalam jumlah yang cukup banyak, bahannya nyaman, lembut dan memiliki tali yang tidak menyebabkan iritasi. Selain itu, pilihlah perlengkapan mandi yang aman dan sesuai dengan kebutuhan bayi, meliputi bak mandi, sabun dan sampo khusus yang dibuat untuk bayi. Jangan lupa, waslap dan handuk yang lembut juga sangatlah penting untuk si kecil sehingga harus disiapkan dengan baik.

Itulah beberapa jenis perlengkapan yang harus disiapkan oleh para orang tua dalam menyambut kelahiran si kecil. Selain mempersiapkan kebutuhan dan perlengkapan bayi di atas, Anda juga harus mempersiapkan perlengkapan perawatan si kecil seperti bedak, lotion, minyak telon dan produk perawatan bayi lainnya. Beberapa merk produk perawatan bayi seperti Zwitsal, Cussons, Johnson dan lain-lain menawarkan aneka produk yang cocok untuk si kecil.

Go Back

Comments for this post have been disabled.