Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

Faktor yang Mempengaruhi Belanja di Toko Online Indonesia

toko online

Berbelanja online saat ini menjadi sesuatu yang wajar bahkan terjadi peningkatan masyarakat yang melakukan belanja online dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Belanja online tidak hanya memberikan keuntungan bagi konsumen namun juga keuntungan bagi pihak toko online. Diperkirakan karena banyaknya aktivitas belanja online, omzet dari transaksi e-commerce lintas negara akan meningkat 3 kali lipat di tahun 2018. Banyaknya masyarakat yang berbelanja online di toko online Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor. 

Faktor pertama yang mempengaruhi adalah teknologi dan kemajuan zaman. Tidak dapat dipungkiri jika kemajuan zaman sangat berpengaruh akan kemajuan dari perkembangan e-commerce yang mengakibatkan banyaknya toko online yang dapat dengan mudah diakses dimana saja dan kapan saja oleh siapa saja. Hal tersebut didukung dengan adanya gadget seperti smartphone dan tablet yang semakin lama semakin canggih. Tidak heran jika sebagian besar konsumen mengakses toko online dengan menggunakan gadget.

Kedua adalah besarnya gaji. Berdasarkan pada riset yang didapatkan oleh Yasunobu Hashimoto saat mengisi acara Media Briefing Tren Belanja Online yang diadakan pada 12 Desember 2015 mengatakan jika 82% koresponden akan melakukan penaikan alokasi belanja jika gaji yang diterima meningkat. Apabila seseorang memiliki gaji yang lebih besar maka biasanya akan menggunakan beberapa persen penghasilan untuk belanja termasuk untuk belanja di toko online Indonesia. Sehingga jika seseorang memiliki pendapatan yang besar maka kemungkinan untuk berbelanja menjadi semakin besar dan semakin banyak dibandingkan dengan orang yang memiliki gaji pas-pasan.

Ketiga adalah jenis kelamin. Berdasarkan pada survey yang dilakukan Rakuten yang dipaparkan oleh Yasunobu Hashimoto seperti yang dilansir oleh Liputan6, menyebutkan jika tren belanja online yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh jenis kelamin. Wanita lebih banyak melakukan transaksi online jika dibandingkan dengan pria. Hal tersebut dikarenakan produk yang dibeli oleh wanita lebih beragam daripada produk yang biasanya dibeli oleh pria. 

Produk yang biasanya dibeli di toko online Indonesia oleh pria adalah produk gadget dan elektronik seperti smartphone dan tablet. Sementara produk favorit yang biasanya dibeli oleh wanita adalah produk fashion seperti pakaian, aksesoris dan produk gadget menjadi pilihan terakhir yang akan dipilih oleh para konsumen wanita. Biasanya, laki-laki jarang melakukan belanja namun sekali melakukan belanja misalnya hanya membeli 1 buah produk, akan menghabiskan uang yang lebih banyak. Akan tetapi hal tersebut berbanding terbalik dengan wanita. Pada umumnya, wanita akan lebih sering melakukan belanja baik di toko konvensional ataupun di toko online untuk membeli produk yang diinginkan misalnya produk fashion dengan harga yang murah. Hal tersebut dikarenakan pada umumnya, wanita tidak ingin ketinggalan trend yang sedang berlangsung dan rela untuk mengeluarkan uang membeli produk fashion sehingga akan memiliki variasi produk fashion misalnya baju yang lebih banyak dan dapat di mix and match.

Go Back

Comments for this post have been disabled.