Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

3 Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Jika Ingin Memulai Bisnis Toko Online Indonesia

toko online

Seberapa banyak kamu mengenal toko online Indonesia, tentunya sangat banyak bukan, mengingat dari data hasil survey menunjukkan bahwa perkembangan e-commerce yang ada di Indonesia tiap tahun kian mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk memulai bisnis online mereka semenjak melihat kesuksesan orang lain yang sudah menjalankan usaha berbasis internet ini. Ternyata keuntungan juga tak hanya bisa didapatkan pada produsen saja, melainkan juga konsumen yang memiliki kebutuhan akan produk tersebut.

Beberapa orang merasa bahwa dengan pembelian secara online banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan. Tawaran harga yang jauh lebih murah dan kemudahan dalam transaksi. Bagaimana tidak jika berbagai bentuk pembelian cukup dengan memilih saja, kemudian kamu lakukan pemesanan dan pembayaran, bagi mereka yang memiliki e-banking bahkan bisa jauh lebih dimudahkan karena sistemnya juga lewat internet untuk transfer. Gaya hidup inilah yang membuat beberapa orang juga melihat prospek usaha sistem online, tak heran jika kian hari semakin banyak saja.

Toko online Indonesia sendiri jenisnya ada beragam, diantaranya adalah e-commerce, yaitu setiap orang bisa menggunakan lapak yang tersedia untuk melakukan aktifitas penjualan dimana nantinya mereka dapatkan notifikasi setelah ada pemesanan atau juga website pribadi maupun mengandalkan media sosial. Untuk jenis yang satu ini tanpa perantara, penjual akan berhubungan langsung dengan konsumen baik itu untuk aktifitas pemasaran maupun jual belinya. Bagi kamu yang tertarik untuk menggeluti bidang ini sebelumnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Jenis usaha apa yang akan kamu geluti. Bidang usaha online terbagi atas 2 jenis yaitu tawaran barang dan jasa, sama halnya dengan usaha secara langsung, hanya saja penting diketahui bahwa hanya ada beberapa jenis barang maupun kasa yang dapat dilakukan secara online, mengingat ada tingkat kadaluarsa dan ketahanan produk juga keterbatasan waktu untuk usaha jasa.
2. Ingin jadi jenis netpreneur seperti apa, netpreneur atau pengusaha online juga terbagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah mereka reseller biasa, kemudian ada dropshipper atau penjual yang ingin meminimalisir kerugian dengan cara tak menyetok barang dan juga on market place, mereka yang mengandalkan e-commerce terkenal untuk menjalin kerjasama agar lebih mudah menggaet calon konsumen.
3. Berapa besar modal awal yang Anda miliki, nantinya modal ini sangat menentukan pemilihan bidang usaha dan jenis yang akan kamu jual, sebenarnya dengan modal yang besar akan semakin mudah mengoptimalkan bisnis online.

Jawab 3 pertanyaan tersebut jika kamu ingin membuat toko online Indonesia sendiri, lantas sudah siapkan kamu menggeluti sebuah bisnis sendiri, mengingat walaupun banyak yang mengatakan mudah, nyatanya jalan yang harus Anda lalui sangat panjang dengan medan sulit.

Go Back

Comments for this post have been disabled.