Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

TIPS Aman Sebelum Kredit Motor

Keberadaan motor memang sangat menunjang kebutuhan transportasi. Cara kepemilikannya juga sangat mudah. Karena tidak harus membelinya secara tunai saja, tapi bisa juga dengan cara kredit. Kemudahan persyaratan kredit motor membuat siapa saja bisa memiliki motor idamannya. Bisa dipastikan setiap dealer motor pasti menyediakan pola pembelian secara kredit. Jadi anda tidak begitu sulit mendapatkannya. Untuk pembiayaan kredit, pihak dealer akan bekerjasama dengan pihak leasing. Kepada leasing ini nantinya anda harus mencicil angsuran yang telah ditetapkan. Sebelum anda memutuskan untuk kredit kendaraan roda dua, beberapa langkah berikut ini bisa anda terapkan.

Cermati penawaran dealer motor

Setiap dealer saling berebut menggaet pembeli, oleh karenanya sering digelar promo tertentu atau potongan harga. Sebaiknya anda jangan mudah tergiur dengan penawaran tersebut. Anda harus teliti dengan menghitung total harga keseluruhan dan bandingkan dengan harga tunai. Pastikan reputasi dealer sangat baik dan cermati pula penawaran uang muka, biaya cicilan dan jangka waktu pelunasan. Potongan harga yang tinggi biasanya berdampak pada angsuran yang semakin besar.

Kredit motor dengan uang muka besar

Mengambil kredit tentunya anda harus mempertimbangkan sisi penghasilan anda. Sehingga besaran angsuran tidak membebani finansial anda. Karena bila terjadi keterlambatan pembayaran angsuran, maka pihak leasing akan menarik motor anda. Tentunya kondisi ini sangat merugikan anda, apalagi bila motor menjadi kendaraan vital bagi anda, semisal mendukung pekerjaan, bisnis dan sebagainya. Sangat disarankan, anda membeli motor kredit dengan membayar uang muka yang lebih besar. Sehingga angsuran per bulannya lebih ringan dan jangka waktu pelunasannya lebih pendek. Dengan begitu urusan cicilan motor tidak membebani dan bisa cepat lunas.

Cermati ketentuan denda

Ketika anda tidak mampu membayar angsuran dan melewati masa jatuh tempo, maka akan dikenakan denda dengan jumlah tertentu. Setiap leasing memiliki ketentuan yang berbeda, sehingga anda wajib memahaminya. Oleh karenanya mintalah penjelasan yang detail dari pihak leasing dan jangan buru-buru menandatangani berkas yang diajukan kepada anda. Cara antisipasi tidak terkena denda kredit, sebaiknya tidak perlu menunggu tanggal jatuh tempo pembayaran. Misalkan tanggal jatuh tempo cicilan adalah tanggal 25, sedangkan anda terima gaji di tanggal 1, sebaiknya pada tanggal 1 anda membayar angsuran.

Go Back

Comment