Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

Macam-macam Tipe Lansia

Hari Ibu baru saja lewat beberapa hari yang lalu, tak terasa keriput Ibu semakin bertambah, rambut putihnya semakin jelas, stamina tubuhnya pun tidak sekuat dulu, peran keluarga yang solid akan meringankan masa lansianya lebih bahagia. Namun menghadapi lansia bisa menjadi sebuah tantangan, karena beberapa lansia mengalami perubahan watak dan sifat tidak seperti dirinya yang dulu ketika masih muda.



Beberapa tipe lansia ada yang tipe arif dan bijaksana, dimana ia menyesuaikan diri dengan perubahan zaman dan tetap menyibukkan dirinya. Tipe mandiri biasanya berasal dari seorang pekerja keras yang kemudian mengganti kegiatan yang hilang dengan yang baru dan masih aktif bersosialisasi. Tipe tidak puas biasanya menentang proses penuaan sehingga menjadi pemarah, tidak sabar dan banyak menuntut. Tipe pasrah diikuti dengan ketaatannya pada agama dan tingkat pendidikan, lebih memilih untuk melakukan kegiatan apapun yang dapat dikerjakannya. Sedangkan tipe terakhir yaitu tipe bingung akan bersikap mengasingkan diri dan pasif.

Setiap tipe lansia tersebut mesti diperlakukan berbeda, terkadang perubahan watak yang sebelumnya tidak dikenal oleh keluarga membuat keluarga memutuskan untuk menitipkan orang tua lansia mereka di panti jompo. Tapi tentu bukan itu hal yang Anda inginkan.

Peran keluarga dalam hal merawat lansia amatlah sangat besar manfaatnya demi kebahagiaan orang tua lansia, karena yang dapat menyayangi mereka secara tulus adalah keluarga Anda sendiri.

Go Back

Comment