Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

Hal yang Harus Anda Perhatikan Dalam Bunga KPR

Sebagai seorang debitur maka anda harus cermat dalam menggunakan kredit beserta bunga KPR. Cobalah untuk meminta penjabaran kepada pihak bank tentang bunga yang akan digunakan selama jangka waktu kredit. Pada umumnya bank akan menawarkan anda KPR dengan bunga tetap diawal masa kredit tersebut dan hanya dalam beberapa waktu tertentu saja, misalnya saja pada tahun pertama anda kredit. Jika pada masa bunga tersebut telah selesai, maka KPR akan mengubahnya menjadi bunga floating yang tinggi pendek jumlah bunganya mengikuti pasar. Sehingga anda harus memperhitungkan secara terperinci mengenai KPR ini, yaitu dengan tahap bunga tetap, lalu menghitung bunga mengembangnya.

Hal apa saja yang perlu anda perhatikan dalam membandingkan bunga KPR? Sebagai calon pembeli rumah yang harganya tentu tidak semurah membayar kontrakan, tentu menggunakan perencanaan yang lebih matang dan efisien. Pahamilah secara detail mengenai poin-poin penting saat menggunakan KPR ketika membeli rumah dengan lahannya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik:

1. Fokus lah untuk memperhatikan berapa besarnya bunga yang akan disepakati bersama bank dan berapa lama jangka waktunya.
2. Kaji ulang besarnya bunga tetap yang ditawarkan oleh bank, karena dimasa tersebut anda akan lebih aman. Dibanding dengan menggunakan bunga mengambang.
3. Lamanya waktu untuk mengangsur juga mempengaruhi keuntungan yang anda dapatkan.
4. Sehingga tingkat dan periode bunga tetap adalah hal yang amat perlu dipertimbangkan.

Secara tidak sadar biasanya seorang debitur mengabaikan bunga KPR. Beberapa orang mengabaikan bunga karena pada saat promosi KPR memang tidak ditonjolkan. Tingkat bunga mengambang itu perlu diketahui karena setelah selesainya masa bunga tetap, semua cicilan akan dihitung hingga akhir masa kredit anda.

Kemudian tanyakan kepada pihak bank yang anda percaya untuk memberi KPR tersebut. Bagaimana cara untuk menghitung bunga KPR yang akan digunakan. Apakah dalam perhitungan tersebut menggunakan metode flat atau metode efektif. Karena kedua metode ini akan menghasilkan jumlah bunga yang berbeda. Karena mode flat akan memberikan bunga rendah jika dibandingkan dengan metode efektif.

Go Back

Comments for this post have been disabled.