Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

7 Bisnis Sampingan yang Paling Tepat untuk Mahasiswa

Jika saat ini Anda berprofesi sebagai mahasiswa, memulai bisnis ketika di bangku kuliah memang tidak mudah. Namun jika terdapat alasan seperti hoby dan kebutuhan yang tidak semakin menaik, namun tidak bisa hanya mengharapkan uang kiriman dari orang tua, Anda bisa melakukan bisnis sampingan tanpa mengganggu urusan kuliah Anda. Pada dasarnya segala sesuatu hal bergantung dari niat serta semangat yang Anda miliki. Bila tidak memiliki cukup modal? Untuk konsumsi makan sehari-hari saja mungkin sudah cukup sulit, bagaimana untuk mengumpulkan modal? Sebenarnya modal bukan sebuah perkara yang sulit. Anda tidak perlu membangun bisnis secara individu. Anda bisa bergabung bersama teman lain.

Bisnis yang pertama dengan membangun warung makan. Tidak perlu membangun warung makan yang besar dan mewah. Apabila saat ini Anda memiliki kemampuan di bidang kuliner, Anda bisa mencoba hal ini. Dengan membentuk grup bekerja sama membangun warung makan. Harga yang di tawarkan murah, dan tempat lesehan hingga malam hari. Bisa di pastikan dengan pemilihan tempat yang strategis, warung Anda akan sangat ramai.

Selain warung makan, Anda bisa membuka jasa bimbingan belajar. Tidak perlu bergabung dengan Bimbel besar, cukup dengan membuka les privat untuk teman-teman SD hingga SMP. Bisnis ini bisa Anda lakukan tanpa modal sekalipun, yang Anda perlukan hanyalah pengetahuan serta mempelajari kembali pelajaran-pelajaran SD dan SMP. Banyak sekali mahasiswa yang mencoba hal ini, terutama mereka yang memiliki jurusan pendidikan. Anda akan mendapatkan uang saku, namun juga mendapatkan pengalaman.

Baca juga: Peluang Usaha Franchise Paling Menggiurkan

Apalagi? Bila Anda memiliki kemampuan yang bagus dalam berbahasa Inggris, Anda bisa mencoba menjadi seorang tour guide di kota Anda, usaha yang satu ini memang bisa dibilang usaha musiman. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan tentu Anda dapat melatih kemampuan bahasa Anda, selain itu untuk tip dari seorang wisatawan tidak bisa di bilang sedikit. Untuk sehari beberapa ratus ribu bisa Anda kantongi.

Jasa penerjemah. Apakah Anda juga ahli di bidang bahasa asing? Pilihan lainnya dengan menjadi seorang penerjemah. Jangan dikira menjadi seorang penerjemah memiliki bayaran yang sedikit. Untuk 1 lembar terjemahan Anda, Anda bisa di bayar hingga 20 ribu. Hanya untuk menerjemahkan saja. Bayangkan jika sehari Anda menerjemahkan 10 lembar, dengan waktu singkat Anda akan bisa mendapatkan uang 200 ribu.

Bisnis lainnya, dengan berjualan pulsa. Untuk yang satu ini, Anda tidak perlu memiliki sebuah counter untuk membuka pulsa. Hanya bermodalkan handphone yang biasanya Anda pakai, Anda sudah bisa berbisnis. Modal yang di butuhkan juga sangat ringan, bisa mulai dari 200 ribu. Sekali kirim laba 1000 rupiah bisa Anda dapatkan. Bayangkan jika 1 hari Anda 100 kali kirim. Tidak akan mengganggu hari Anda, bahkan segala aktifitas kuliah Anda.

Bisnis yang terakhir dengan membuat blog. Membuat blog ini bisa untuk Anda yang gemar berinteraksi atau aktif di dunia internet. Dengan memiliki beberapa blog dan memasang banner pemasangan iklan, Anda akan bisa mendapatkan keuntungan. Namun bisnis ini tentu saja memiliki perjalanan yang sangat panjang. Mulai dari menulis artikel, mengumpulkan artikel, mendesain blog semenarik mungkin agar memiliki banyak pengunjung, hingga menguasai SEO. Mahasiswa memiliki bisnis sampingan tentu bukan hal yang baru. Malah bisa berpeluang bisnis tersebut bisa dilanjutkan ketika Anda telah lulus, asal bisnis yang Anda jalankan tidak mengganggu belajar Anda.

Go Back

Comment