Menu

Tips Informasi Online

Selamat datang di situs tips dan informasi online untuk keluarga

5 Makanan Sehat yang Berbahaya

Kumpulan masakan Indonesia yang beragam memang tak henti-hentinya menggoyang lidah. Meskipun masyarakat sudah belajar tentang pentingnya konsumsi makanan sehat, namun ada pula yang kadang menyantapnya secara berlebihan padahal mengonsumsi makanan apapun secara berlebih juga tidak baik bagi kesehatan. Apa saja makanan sehat yang tidak terlalu baik bila terlalu sering dikonsumsi? Berikut diantaranya.


Wortel
Mengonsumsi wortel secara berlebihan tidak berbahaya namun Betakaroten, yakni pemberi warna oranye pada wortel, akan larut dalam lemak. Terlalu banyak betakaroten akan membuat tubuh berwarna seperti wortel. Percaya atau tidak kejadian ini paling sering terjadi pada bayi dan anak-anak.


Ikan tuna
Tanpa diketahui ikan tuna cenderung mengandung banyak merkuri akibat efek akumulasi dari mangsa yang juga memakan ikan lainnya. Jika dikonsumsi lebih dari 6 ons per minggu, tubuh akan keracunan merkuri dari ikan tuna. Oleh sebab itu, tuna harus dihindari oleh wanita hamil.

Belimbing
Konsumsi buah memang memiliki banyak manfaat. Namun, mengonsumsi terlalu banyak belimbing justru dapat mengakibatkan keracunan. Gejalanya meliputi muntah, cegukan, tekanan darah rendah, lemas, dan kejang. Dalam kasus ekstrim, keracunan belimbing dapat menyebabkan gagal ginjal.


Kopi
Kopi yang menekan depresi akan menjadi berbahaya saat dikonsumsi secara berlebih. Terlalu banyak kafein akan menyebabkan jantung berdebar, pusing, kebingungan, dan bahkan serangan jantung.


Air
Air memang terbukti alami menyehatkan. Namun terlalu mengonsumsi banyak air tanpa mempertimbangkan kadar natrium dan kalium di dalamnya akan membuat sel dalam darah menjadi lebih encer. Ini berarti sel-sel tidak akan berfungsi dengan baik karena mereka tidak mampu mengirimkan sinyal listrik.
Itulah beberapa menu sehat yang sebenarnya bisa menimbulkan efek berbahaya pada tubuh bila dikonsumsi terlalu berlebihan. Lebih baik untuk mengonsumsi apapun secukupnya saja, rajin mengontrol dan menjaga kesehatan tubuh serta tetap memperhatikan pola makan kita sendiri. Bila kita sudah siap dan peduli pada tubuh sendiri, maka kita akan lebih cermat memilih kumpulan masakan yang akan kita santap.

Go Back

Comment